RPP akidah akhlak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah/Madrasah : MA NURUL YAQIN
Mata Pelajaran  : Akidah Akhlak
Kelas/Smt : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok : Akidah Islam
Alokasi Waktu : 2x45 Menit

Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
1.1. :  Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2.1. :  Memiliki akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
3.1. :  Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya
4.1. :  Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akidah islamiyah

C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah
2. Siswa dapat menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan akidah Islam
3. Siswa dapat menyebutkan kesempurnaan akidah Islam
4. Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup akidah Islam
5. Siswa dapat menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas  akidah Islamiyah

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan  pengertian  akidah, menunjukkan  dalil-dalil akidah Islam,  menyebutkan kesempurnaan akidah Islam,
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan ruang lingkup akidah Islam menyebutkan metode-metode peningkatan  kualitas akidah  Islam.

E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Pengertian Akidah Islamiyah, Kata akidah berasal dari kata dasar bahasa Arab  al aqdu  (jamak  = al aqaid  ). Secara etimologi  mempunyai arti al Rabith (ikatan), al Ibram (pengesahan), al Ahkam (penguatan), al Tawuts (menjadi kokoh,  kuat),  al  syadd  bi  quwwah  (pengikatan  dengan  kuat),  dan  al  Itsbat  (penetapan).
Dasar akidah Islamiyah, al-Qur’an, al-Hadis dan akal pikiran sebagai perangkat untuk memahami al-Qur’an dan Al-Hadis.
Tujuan Akidah Islamiyah,untuk mengihlaskan niat dan ibadah kepada Allah,menimbulkan  ketenangan  jiwa  dan  pikiran,  terhindar  dari  kecemasan  dalam  jiwa  dan kegoncangan pikiran,menjamin kehidupan yang mulia bagi para pemeluknya karena terbebas dari syirik,bersungguh-sungguh menggunakan setiap kesempatan kesempatan untuk beramal baik,meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
Ruang Lingkup Akidah Islamiyah,Iman Kepada Allah,Iman Kepada Malaikat,Iman Kepada Kitab Suci,Iman Kepada Nabi dan Rasul,Iman Kepada Hari Akhir,Iman Kepada Qada dan Qadar,
Metode Peningkatan Kualitas Akidah Islamiyah;Meyakini keesaan Allah (Unity of Godhead), Meyakini Allah menciptakan segala sesuatu (Unity of Creation),Meyakini Allah menghargai dan memuliakan kemanusiaan (Unity of Mankind),Meyakini Allah memberi petunjuk sebagai pedoman hidup (Unity of Guidance),
E. Strategi Pembelajaran
Pembelajaran Inkuiri Sosial, yaitu suatu rangkaian belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kirtis, logis, dan analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

F. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pengamatan,siswa disuruh mengamati gambar kisah orang yang mempunyai akidah kuat.
2. Tes tulis/uraian,siswa disuruh menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan benar.
3. Mempresentasikan,guru menyuruh siswa mempretasikan pengamatan orang-orang yang berakidah kuat.

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Video tentang kisah Bilal bin robbah yang mempunyai akidah yang kuat
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
-  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu

Pendahuluan
10’


Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa



Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas



Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan



Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari



Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar


Kegiatan Inti
65’


1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan



Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.



Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok mendemonstrasikan kepada kelompok lain tentang perilaku orang yang mempunyai akidah yang kuat.



Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya



Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan


Kegiatan Menutup
15’


Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran



Guru memberikan penguatan materi ajar



Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode peningkatan kualitas akidah”



Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis




PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Akidah islam
No
Aspek Pengamatan




1
2
3
4

1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan





3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi





4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan





5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar





Jumlah Skor






LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL

1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan





2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya





3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang





4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan





5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain





Keterangan :
SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan


Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)


Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor



1
2
3
4

1
Masuk kelas tepat waktu





2
Mengumpulkan tugas tepat waktu





3
Memakai seragam sesuai tata tertib





4
Mengerjakan tugas yang diberikan





5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran





6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran





Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
14
24 Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Jelaskan pengertian iman menurut al-Qur’an surah al-Baqoroh ayat 1-5!
2. Jelaskan pengertian akidah Islam menurut pendapat ulama.!
3.  Terangkan ruang lingkup akidah Islamiyah !
4.  Diskripsikan dengan penalaran tujuan akidah Islamiyah !
5.  Jelaskan dengan contoh metode peningkatan akidah Islamiyah !

LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)

Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: Mempresentasikan metode peningkatan kwalitas akidah

No

Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan



Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi


1
Menghafal Ayat Dasar Akidah






2
Menghafal Doa Sujud Syukur






3
Menghafal Doa Syukur Nikmat






4
Menghafal Doa Mau Belajar






5
Melafalkan Kalimat Tauhid






Jumlah Nilai






Pedoman penskoran :
5 = sangat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang

Pamekasan, 13 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MA NURUL YAQIN



SHOHIBUL LIWAK S.Pd I YUSUF.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

CJR 2 strategi pembelajaran akidah akhlak

CJR Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak 1

CBR Strategi pembelajaran