CJR Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak 1
CRITICAL JOURNAL REVIEW (CJR)
DISUSUN untuk MEMENUHI TUGAS dari MATA KULIAH “STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK”
DISUSUN OLEH:
NAMA : HAFIZH GUSTIAN HARLIS
NIM : 0301171326
PRODI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) – 4 (EMPAT)
SEMESTER : IV (EMPAT)
DOSEN PENGAMPUH : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd.
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
2018/2019
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT. Tuhan semesta Alam yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas rutin dimata kuliah Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak ini . saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dr. H. Mardianto M.pd sebagai dosen Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak. Saya menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam membuat makalah ini kurang sempurna.
Sayahanya berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan saya yang ada. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran untuk memperbaiki makalah ini supaya pada kesempatan berikutnya, kami dapat menghasilkan Critical Jurnal Review yang lebih baik. Tugas Critical Jurnal Review ini dibuat untuk memenuhi tugas. Dengan menyelesaikan Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak ini, saya harap makalah yang kurang sempurna ini dapat menambah.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Medan, 11 Mei 2019
Pereview,
Hafizh Gustian Harlis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
PENDAHULUAN
Latar Belakang 1
RINGKASAN JURNAL
A. Identitas Jurnal 2
B. Ringkasan 2
Pendahuluan 2
Metodologi Penelitian 2
Pembahasan 3
Kesimpulan 6
PEMBAHASAN 7
KESIMPULAN dan SARAN
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Jurnal yang dipilih penulis adalah mengenai salah satu strategi pembelajaran, di mana dalam mendidik ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tercapai tujuan dari pembelajaran. Agar tujuan tersebut tercapai, maka seorang guru atau dosen dapat menggunakan strategi dalam mengajar. Untuk itu, strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai keseluruhan pola umum kegiatan pendidik dengan peserta didik dalam mewujudkan peristiwa pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Jurnal ini, sangat cocok untuk diasumsi para mahasiswa sebagai bekal untuk mengajar siswa di dunia pendidikan yang nyata. Seorang pendidik harus mengetahui strategi-strategi dalam pembealajran sehingga dapat menciptakan pembelajran yang efekti. Maka, setelah mengetahui strategi pembelajaran, para mahasiswa akan memahami strategi apa yang cocok diterapkan sesuai dengan materi yang diajarkan. Untuk itu, perlu dilakukan analisa mendalam terhadap pengembangan strategi pembelajaran di perguruan tinggi dalam upaya penguatan pembelajaran, sehingga kualitas dan mutu lulusan sesuai dengan tuntutan zaman.
Maka, tugas pendidik kedepan adalah berinovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran yang akan digunakan dengan cara menggunakan media pembelajaran yang merupakan alat yang digunakan dalam menjalankan strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan berjalan dengan efektif.
RINGKASAN JURNAL
Identitas Jurnal
Judul : Strategi Inovatif Pembelajran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah
Penulis : Faisal Kamal
Lembaga Penulis : -
Lembaga Penerbit Jurnal : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur‟an
Ringkasan
Pendahuluan
Perilaku merupakan wujud kepribadian seseorang. Perilaku juga menunjukkan karakteristik atau sifat khas yang melekat pada seseorang atas kepribadiannya. Tentang bagaimana individu tersebut tampil dan menimbulkan kesan bagi individu lain. Kesan yang ditimbulkan dapat berupa hal yang baik dan juga berupa hal yang buruk.
Mencermati permasalahan di atas, sebagai suatu paradigma, Pendidikan Agama Islam berperan penting terhadap pembinaan akidah akhlak. Dalam Pendidikan Agama Islam yang menjadi tujuan kependidikan Islam bukan hanya berupa transfer of knowledges yaitu terhadap ilmu pengetahuan, tapi juga dalam bentuk transfer of values yaitu pembinaan terhadap nilai-nilai moral dan spiritual keagamaan. Ilmu pengetahuan dan nilai spiritual tersebut dibentuk dan dibina dalam bingkai humanisme religius. Dengan demikian, pentingnya mempelajari, mengkaji, bidang ilmu-ilmu agama dan pengembangan pada bidang ilmu-ilmu pengetahuan. Dengan intensitas pembinaan terhadap nilai-nilai moral dan spiritual agama tersebut, diharapkan kebangkitan dan kejayaan Islam dapat diraih kembali.
Mahasiswa prodi PAI akan disiapkan menjadi pengajar di sekolah-sekolah untuk memberikan pengajaran mengenai materi pai dalam pembelajran di sekolah. Oleh karena itu mahasiwa PAI harus faham dengan strategi pembelajaran yang harus diterapkan disaat mengajar nanti. Maka sangat pentinglah mata kuliah strategi pembelajaran ini diperdlam sebagai mata kuliah wajib yang harus di fahami oleh seluruh mahasiwa terkhusus mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Metode Penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang berjenis penelitian kualitatif. Data-data yang dikumpulkan berupa data tertulis maupun
lisan. Data-data bersumber dari dokumendokumen yang diperoleh dari MAN Wonosobo Jawa Tengah sebagai lokasi penelitian. Sebagai data pendukung, berasal dari jurnal, buku, dan dokumen lainnya. Berdasarkan obyek penelitian, tempat, sifat
dan sumber datanya. Penelitian ini bercorak kualitatif dengan data-data yang diperoleh berupa data deskriptif.
Pembahasan
Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. Sedangkan menurut kemp Mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Ada beberapa pembagian strategi pembelajran yang harus dilakukan oleh seorang guru diantaranya yaitu :
Strategi pembelajaran ekspositori
Strategi pembelajaran inquiry
Strategi pembelajaran berbasis masalah
Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir
Strategi pembelajaran kooperatif
Strategi pembelajaran kontekstual CTL
Strategi pembelajaran afektif
Berikut beberapa jenis strategi yang dibagi berdasarkan titik penekanannya berdasarkan atas tiga yaitu:
Strategi belajar mengajar yang berpusat pada guru;
Strategi belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik;
Strategi belajar mengajar yang berpusat pada materi pengajaran.
Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah
Pembelajaran dengan Keteladanan
Contoh atau model yang sesungguhnya adalah para Nabi dan Rasul. Sebagaimana Firman Allah SWT.
(((((( ((((( (((((( ((( ((((((( (((( (((((((( (((((((( (((((( ((((( ((((((((( (((( (((((((((((( (((((((( (((((((( (((( ((((((((
”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.”
Model keteladanan yang diterapkan di MAN Wonosobo, setiap hari dilakukan program salat duhur berjamaah di musala Madrasah dengan melibatkan seluruh pendidik dan peserta didik MAN Wonosobo. Kegiatan salat duhur berjamaah, salat duha, membaca al-Qur‟an di masjid sekolah dilakukan setiap hari baik oleh guru maupun peserta didik. Kegiatan ibadah yang dilakukan secara bersama-sama oleh pendidik dan peserta didik akan memberikan ikatan secara emosional. Kegiatan yang melibatkan pendidik dapat secara langsung memberikan contoh yang baik kepada para peserta didik di MAN Wonosobo. Para peserta didik dapat melihat secara langsung perilaku para pendidiknya dalam beribadah dan berperilaku sehari-hari di MAN Wonosobo. Di samping itu, dilaksanakan pula kegiatan salat duha dan membaca al-Qur‟an yang dilakukan oleh peserta didik memberikan makna positif bagi perkembangan mental peserta didik.
Kemudian, tata cara berpakaian, berhias, dan cara berbicara seorang guru harus sopan. Terlebih lagi sebagai guru mata pelajaran akidah akhlak. Sebagai guru yang mengampu mata pelajaran akidah akhlak, memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Karena menjadi sorotan setiap sikap dan perilakunya
Pembelajaran dengan Pembiasaan
Mendidik akidah Islamiyah sebagaimana dalam Rukun Iman, penanaman dalam jiwa membutuhkan proses. Tidak bisa dengan sertamerta dapat terbentuk. Butuh pembiasaan yang senantiasa dilakukan terus menerus secara kontinu. Sebagai contoh, agar terbiasa melakukan salat lima waktu tepat pada waktunya. Hendaklah mengajak peserta didik untuk salat berjamaah. Di sekolah bisa dilakukan salat duha, salat duhur berjamaah. Kegiatan tersebut harus dilakukan terus menerus agar menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang, lama-kelamaan akan tertanam dalam jiwa peserta didik dan menjadi karakter yang tertanam kuat.
Jika metode pembiasan dalam pembelajaran dikaitkan dengan Pendidikan Agama Islam, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran dengan pembiasaan adalah sebuah cara yang dilakukan untuk membiasakan peserta didik untuk berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan
ajaran agama Islam.
Bentuk pembiasaan yang dipraktekkan yaitu dengan kegiatan bersalaman antara guru dan peserta didik setiap hari pada waktu pagi untuk membiasakan menghormati guru dan orang tua. Teknis pelaksanaannya adalah guru menyambut peserta didik di pintu gerbang Madrasah dan saling bersalaman di antara guru dan peserta didik MAN Wonosobo. Peserta didik mencium tangan guru-guru yang menyambut peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari sesuai jadwal piket guru dan guru yang masuk pada jam pelajaran pertama.
Menurut Wakil Kepala Bidang Kurikulum, beberapa hal yang disoroti tentang perilaku yang tidak baik, “Seperti makan sambil berdiri apalagi sambal jalan merupakan perilaku yang tidak baik. Menurutnya, perilaku makan sambil duduk merupakan sikap yang harus dibiasakan, agar dapat menjadi perilaku baik yang melekat pada peserta didik. Maka dari itu, peran penting pendidik untuk dapat mencontohkan kepada seluruh peserta didik MAN Wonosobo”. Pentingnya mengajarkan pada anak untuk membiasakan salat tepat waktunya, agar anak tidak termasuk anak yang lalai dalam menjalan ibadah salat
Kesimpulan
Strategi pembelajaran yang diterapkan berperan secara signifikan dalam meningkatkan mutu belajar peserta didik. Dalam pengembangan strategi pembelajaran inovatif, yakni dengan melibatkan aspek-aspek pembelajaran yang terdiri atas tujuan, materi, metode, media, dan penilaian. Penerapan strategi pembelajaran mengacu kepada proses kegiatan pembelajaran. Adapun aspekaspek dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut merupakan komponen-komponen
pembelajaran yang merupakan bagian dari sistem pembelajaran.
Langkah strategis yang dilaksanakan dalam menerapkan strategi pembelajaran
inovatif dengan menggunakan variasi metode dalam proses pembelajaran, seperti metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, dan demonstrasi. Di samping itu, menggunakan teknik-teknik pembelajaran aktif (active learning) seperti inquring mind want to know, dan guided teaching. Pendidik menerapkan pula model-model pembelajaran inovatif seperti pembelajaran contextual teaching and learning, synergetic teaching, dan social learning. Penerapan metode dan model pembelajaran tersebut dengan berdasarkan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran aktif. Dengan demikian, model pembelajaran yang diterapkan merupakan model pembelajaran inovatif.
PEMBAHASAN
Relevansi antara topik jurnal dengan kepenulisan jurnal sangat berhubungan erat. Di mana, topik jurnal berisi tentang strategi pembelajaran Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah. Penulis memaparkan keadaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa, terkhusus strategi dosen dalam mengajar mahasiswa. Di STAIN tersebut, mayoritas dosen mengajar dengan menggunakan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning).
Pokok-pokok argumentasi penulis dalam pendahuluan, seperti :
Untuk dapat menjadi seorang peserta didik yang dapat di andalka dalam sekolah maka mahasiswa terkhususnya bidang pendidikan harus memiliki bekal dalam pembelajaran salah satunya strategi pembelajaran akidah akhlak. Bagaimana seorang guru dapat mengajarkan akidah akhlak kepada siswa dengan menyenangkan dan efesien serta ilmu yang diberikan tersampaikan kepada peserta didik. untuk itu perlu adanya pembekalan pembelajaran.
Metodologi penelitian dan relevansinya. Dalam hal ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Proses pencarian dan penyusunan secara sistimatis data diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan/observasi, dan dokumentasi. Setelah itu diadakannya analisis data terhadap apa yang telah ia dapatkan melalui metode penelitian tadi.
Kerangka berfikir penulis pada bagian pembahasan, penulis memaparkan kejadian Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah.
Kesimpulan dan saran serta implikasinya pada penelitian berikutnya. Namun scara umum pembelajaran akidah akhlak yang diterapkan oleh guru di MAN Wonosobo Jawa Tengah telah berjalan dengan baik sesuai dengan strategi yang d buat oleh pendidik atau guru yang ada di sana.
Kritik dan saran pereview jurnal terhadap penulisan jurnal, adalah sebagai berikut :
Identitas jurnal tidak lengkap dimana tidak ada lembaga penulisnya di cantumkan di dalam jurnal
Tidak adanya kajian teori yang dipaparkan penulis mengenai hasil penelitiannya. Sehingga pembaca tidak dapat memahami jurnalnya secara penuh
KESIMPULAN dan SARAN
Strategi pembelajaran merupakan serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. Dengan demikan, pembelajaran akan lebih fleksibel karena, guru bukan satu-satunya sumber ilmu. Serta, pembelajaran ini berpusat kepada siswa yang dapat menemukan pengetahuan yang baru.
Maka, saran saya selaku pereview adalah letakkannya strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Apabila pembelajran akidah akhlak ingin tersampaikan kepada peserta didik maka guru harus menyiapkan pembelajran yang inovatif.
DISUSUN untuk MEMENUHI TUGAS dari MATA KULIAH “STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK”
DISUSUN OLEH:
NAMA : HAFIZH GUSTIAN HARLIS
NIM : 0301171326
PRODI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) – 4 (EMPAT)
SEMESTER : IV (EMPAT)
DOSEN PENGAMPUH : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd.
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
2018/2019
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT. Tuhan semesta Alam yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas rutin dimata kuliah Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak ini . saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dr. H. Mardianto M.pd sebagai dosen Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak. Saya menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam membuat makalah ini kurang sempurna.
Sayahanya berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan saya yang ada. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran untuk memperbaiki makalah ini supaya pada kesempatan berikutnya, kami dapat menghasilkan Critical Jurnal Review yang lebih baik. Tugas Critical Jurnal Review ini dibuat untuk memenuhi tugas. Dengan menyelesaikan Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak ini, saya harap makalah yang kurang sempurna ini dapat menambah.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Medan, 11 Mei 2019
Pereview,
Hafizh Gustian Harlis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
PENDAHULUAN
Latar Belakang 1
RINGKASAN JURNAL
A. Identitas Jurnal 2
B. Ringkasan 2
Pendahuluan 2
Metodologi Penelitian 2
Pembahasan 3
Kesimpulan 6
PEMBAHASAN 7
KESIMPULAN dan SARAN
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Jurnal yang dipilih penulis adalah mengenai salah satu strategi pembelajaran, di mana dalam mendidik ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tercapai tujuan dari pembelajaran. Agar tujuan tersebut tercapai, maka seorang guru atau dosen dapat menggunakan strategi dalam mengajar. Untuk itu, strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai keseluruhan pola umum kegiatan pendidik dengan peserta didik dalam mewujudkan peristiwa pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Jurnal ini, sangat cocok untuk diasumsi para mahasiswa sebagai bekal untuk mengajar siswa di dunia pendidikan yang nyata. Seorang pendidik harus mengetahui strategi-strategi dalam pembealajran sehingga dapat menciptakan pembelajran yang efekti. Maka, setelah mengetahui strategi pembelajaran, para mahasiswa akan memahami strategi apa yang cocok diterapkan sesuai dengan materi yang diajarkan. Untuk itu, perlu dilakukan analisa mendalam terhadap pengembangan strategi pembelajaran di perguruan tinggi dalam upaya penguatan pembelajaran, sehingga kualitas dan mutu lulusan sesuai dengan tuntutan zaman.
Maka, tugas pendidik kedepan adalah berinovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran yang akan digunakan dengan cara menggunakan media pembelajaran yang merupakan alat yang digunakan dalam menjalankan strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan berjalan dengan efektif.
RINGKASAN JURNAL
Identitas Jurnal
Judul : Strategi Inovatif Pembelajran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah
Penulis : Faisal Kamal
Lembaga Penulis : -
Lembaga Penerbit Jurnal : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur‟an
Ringkasan
Pendahuluan
Perilaku merupakan wujud kepribadian seseorang. Perilaku juga menunjukkan karakteristik atau sifat khas yang melekat pada seseorang atas kepribadiannya. Tentang bagaimana individu tersebut tampil dan menimbulkan kesan bagi individu lain. Kesan yang ditimbulkan dapat berupa hal yang baik dan juga berupa hal yang buruk.
Mencermati permasalahan di atas, sebagai suatu paradigma, Pendidikan Agama Islam berperan penting terhadap pembinaan akidah akhlak. Dalam Pendidikan Agama Islam yang menjadi tujuan kependidikan Islam bukan hanya berupa transfer of knowledges yaitu terhadap ilmu pengetahuan, tapi juga dalam bentuk transfer of values yaitu pembinaan terhadap nilai-nilai moral dan spiritual keagamaan. Ilmu pengetahuan dan nilai spiritual tersebut dibentuk dan dibina dalam bingkai humanisme religius. Dengan demikian, pentingnya mempelajari, mengkaji, bidang ilmu-ilmu agama dan pengembangan pada bidang ilmu-ilmu pengetahuan. Dengan intensitas pembinaan terhadap nilai-nilai moral dan spiritual agama tersebut, diharapkan kebangkitan dan kejayaan Islam dapat diraih kembali.
Mahasiswa prodi PAI akan disiapkan menjadi pengajar di sekolah-sekolah untuk memberikan pengajaran mengenai materi pai dalam pembelajran di sekolah. Oleh karena itu mahasiwa PAI harus faham dengan strategi pembelajaran yang harus diterapkan disaat mengajar nanti. Maka sangat pentinglah mata kuliah strategi pembelajaran ini diperdlam sebagai mata kuliah wajib yang harus di fahami oleh seluruh mahasiwa terkhusus mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Metode Penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang berjenis penelitian kualitatif. Data-data yang dikumpulkan berupa data tertulis maupun
lisan. Data-data bersumber dari dokumendokumen yang diperoleh dari MAN Wonosobo Jawa Tengah sebagai lokasi penelitian. Sebagai data pendukung, berasal dari jurnal, buku, dan dokumen lainnya. Berdasarkan obyek penelitian, tempat, sifat
dan sumber datanya. Penelitian ini bercorak kualitatif dengan data-data yang diperoleh berupa data deskriptif.
Pembahasan
Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. Sedangkan menurut kemp Mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Ada beberapa pembagian strategi pembelajran yang harus dilakukan oleh seorang guru diantaranya yaitu :
Strategi pembelajaran ekspositori
Strategi pembelajaran inquiry
Strategi pembelajaran berbasis masalah
Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir
Strategi pembelajaran kooperatif
Strategi pembelajaran kontekstual CTL
Strategi pembelajaran afektif
Berikut beberapa jenis strategi yang dibagi berdasarkan titik penekanannya berdasarkan atas tiga yaitu:
Strategi belajar mengajar yang berpusat pada guru;
Strategi belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik;
Strategi belajar mengajar yang berpusat pada materi pengajaran.
Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah
Pembelajaran dengan Keteladanan
Contoh atau model yang sesungguhnya adalah para Nabi dan Rasul. Sebagaimana Firman Allah SWT.
(((((( ((((( (((((( ((( ((((((( (((( (((((((( (((((((( (((((( ((((( ((((((((( (((( (((((((((((( (((((((( (((((((( (((( ((((((((
”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.”
Model keteladanan yang diterapkan di MAN Wonosobo, setiap hari dilakukan program salat duhur berjamaah di musala Madrasah dengan melibatkan seluruh pendidik dan peserta didik MAN Wonosobo. Kegiatan salat duhur berjamaah, salat duha, membaca al-Qur‟an di masjid sekolah dilakukan setiap hari baik oleh guru maupun peserta didik. Kegiatan ibadah yang dilakukan secara bersama-sama oleh pendidik dan peserta didik akan memberikan ikatan secara emosional. Kegiatan yang melibatkan pendidik dapat secara langsung memberikan contoh yang baik kepada para peserta didik di MAN Wonosobo. Para peserta didik dapat melihat secara langsung perilaku para pendidiknya dalam beribadah dan berperilaku sehari-hari di MAN Wonosobo. Di samping itu, dilaksanakan pula kegiatan salat duha dan membaca al-Qur‟an yang dilakukan oleh peserta didik memberikan makna positif bagi perkembangan mental peserta didik.
Kemudian, tata cara berpakaian, berhias, dan cara berbicara seorang guru harus sopan. Terlebih lagi sebagai guru mata pelajaran akidah akhlak. Sebagai guru yang mengampu mata pelajaran akidah akhlak, memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Karena menjadi sorotan setiap sikap dan perilakunya
Pembelajaran dengan Pembiasaan
Mendidik akidah Islamiyah sebagaimana dalam Rukun Iman, penanaman dalam jiwa membutuhkan proses. Tidak bisa dengan sertamerta dapat terbentuk. Butuh pembiasaan yang senantiasa dilakukan terus menerus secara kontinu. Sebagai contoh, agar terbiasa melakukan salat lima waktu tepat pada waktunya. Hendaklah mengajak peserta didik untuk salat berjamaah. Di sekolah bisa dilakukan salat duha, salat duhur berjamaah. Kegiatan tersebut harus dilakukan terus menerus agar menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang, lama-kelamaan akan tertanam dalam jiwa peserta didik dan menjadi karakter yang tertanam kuat.
Jika metode pembiasan dalam pembelajaran dikaitkan dengan Pendidikan Agama Islam, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran dengan pembiasaan adalah sebuah cara yang dilakukan untuk membiasakan peserta didik untuk berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan
ajaran agama Islam.
Bentuk pembiasaan yang dipraktekkan yaitu dengan kegiatan bersalaman antara guru dan peserta didik setiap hari pada waktu pagi untuk membiasakan menghormati guru dan orang tua. Teknis pelaksanaannya adalah guru menyambut peserta didik di pintu gerbang Madrasah dan saling bersalaman di antara guru dan peserta didik MAN Wonosobo. Peserta didik mencium tangan guru-guru yang menyambut peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari sesuai jadwal piket guru dan guru yang masuk pada jam pelajaran pertama.
Menurut Wakil Kepala Bidang Kurikulum, beberapa hal yang disoroti tentang perilaku yang tidak baik, “Seperti makan sambil berdiri apalagi sambal jalan merupakan perilaku yang tidak baik. Menurutnya, perilaku makan sambil duduk merupakan sikap yang harus dibiasakan, agar dapat menjadi perilaku baik yang melekat pada peserta didik. Maka dari itu, peran penting pendidik untuk dapat mencontohkan kepada seluruh peserta didik MAN Wonosobo”. Pentingnya mengajarkan pada anak untuk membiasakan salat tepat waktunya, agar anak tidak termasuk anak yang lalai dalam menjalan ibadah salat
Kesimpulan
Strategi pembelajaran yang diterapkan berperan secara signifikan dalam meningkatkan mutu belajar peserta didik. Dalam pengembangan strategi pembelajaran inovatif, yakni dengan melibatkan aspek-aspek pembelajaran yang terdiri atas tujuan, materi, metode, media, dan penilaian. Penerapan strategi pembelajaran mengacu kepada proses kegiatan pembelajaran. Adapun aspekaspek dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut merupakan komponen-komponen
pembelajaran yang merupakan bagian dari sistem pembelajaran.
Langkah strategis yang dilaksanakan dalam menerapkan strategi pembelajaran
inovatif dengan menggunakan variasi metode dalam proses pembelajaran, seperti metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, dan demonstrasi. Di samping itu, menggunakan teknik-teknik pembelajaran aktif (active learning) seperti inquring mind want to know, dan guided teaching. Pendidik menerapkan pula model-model pembelajaran inovatif seperti pembelajaran contextual teaching and learning, synergetic teaching, dan social learning. Penerapan metode dan model pembelajaran tersebut dengan berdasarkan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran aktif. Dengan demikian, model pembelajaran yang diterapkan merupakan model pembelajaran inovatif.
PEMBAHASAN
Relevansi antara topik jurnal dengan kepenulisan jurnal sangat berhubungan erat. Di mana, topik jurnal berisi tentang strategi pembelajaran Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah. Penulis memaparkan keadaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa, terkhusus strategi dosen dalam mengajar mahasiswa. Di STAIN tersebut, mayoritas dosen mengajar dengan menggunakan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning).
Pokok-pokok argumentasi penulis dalam pendahuluan, seperti :
Untuk dapat menjadi seorang peserta didik yang dapat di andalka dalam sekolah maka mahasiswa terkhususnya bidang pendidikan harus memiliki bekal dalam pembelajaran salah satunya strategi pembelajaran akidah akhlak. Bagaimana seorang guru dapat mengajarkan akidah akhlak kepada siswa dengan menyenangkan dan efesien serta ilmu yang diberikan tersampaikan kepada peserta didik. untuk itu perlu adanya pembekalan pembelajaran.
Metodologi penelitian dan relevansinya. Dalam hal ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Proses pencarian dan penyusunan secara sistimatis data diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan/observasi, dan dokumentasi. Setelah itu diadakannya analisis data terhadap apa yang telah ia dapatkan melalui metode penelitian tadi.
Kerangka berfikir penulis pada bagian pembahasan, penulis memaparkan kejadian Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah.
Kesimpulan dan saran serta implikasinya pada penelitian berikutnya. Namun scara umum pembelajaran akidah akhlak yang diterapkan oleh guru di MAN Wonosobo Jawa Tengah telah berjalan dengan baik sesuai dengan strategi yang d buat oleh pendidik atau guru yang ada di sana.
Kritik dan saran pereview jurnal terhadap penulisan jurnal, adalah sebagai berikut :
Identitas jurnal tidak lengkap dimana tidak ada lembaga penulisnya di cantumkan di dalam jurnal
Tidak adanya kajian teori yang dipaparkan penulis mengenai hasil penelitiannya. Sehingga pembaca tidak dapat memahami jurnalnya secara penuh
KESIMPULAN dan SARAN
Strategi pembelajaran merupakan serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran secara spesifik. Dengan demikan, pembelajaran akan lebih fleksibel karena, guru bukan satu-satunya sumber ilmu. Serta, pembelajaran ini berpusat kepada siswa yang dapat menemukan pengetahuan yang baru.
Maka, saran saya selaku pereview adalah letakkannya strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Apabila pembelajran akidah akhlak ingin tersampaikan kepada peserta didik maka guru harus menyiapkan pembelajran yang inovatif.
Sangat bermanfaat sekali
BalasHapusTerimakasih, semoga bermanfaat 🙏
BalasHapusKerem pak kosma
BalasHapus